Saturday, April 02, 2005

Masih…


Akhirnya pilihan itu datang juga, antara kampus dan kantor, dan dengan rasa yang berat terpaksa kuliah di nomor duakan. Terlalu banyak pertanyaan di benak tetapi masihlah sedikit bersyukur karena hal ini terjadi di penghujung masa studi. Teringat juga kata seorang senior yang mengingatkan agar tetap menjaga nilai kuliah dan nyatanya sedikit lumayan. Satu hal yang sulit untuk bergantung dengan yang lain karena mereka pun kadang – kadang sibuk. Saat ke Cirebon kemarin ada sedikit wacana dari seorang bapak yang sama – sama menunggu kereta di stasiun, beliau heran karena saya dengan tergopoh – gopoh membawa tas laptop dan backpack sedangkan kereta masih 1 jam lagi. Dengan tenang dia berkata bahwa saya belum terlambat, yah sebenarnya saya sadar saya tidak terlambat tetapi kalau sudah keasyikan main ke rumah teman yah beginilah. Sambil ngos-ngosan saya mencoba cari bahan pembicaraan dan anehnya bapak itu tahu kalau saya masih kuliah. Lalu dia bercerita adalah seorang PNS yang harus jadi commuter (orang yang pulang pergi rumah kantor (jarak jauh) – Red) dan masih menyelesaikan studi S2 nya di jurusan hukum. Saya sedikit tidak percaya mengingat umurnya yang pasti di atas ayah saya dan gayanya yang pasti sudah berjabatan lumayan. Sebelum sempat bertanya dia malah berkata kalau dia dan saya adalah orang yang diberi kesempatan oleh waktu dan waktu yang tak bersahabat adalah guru terbaik. Great, satu lagi catatan hebat di batin, satu perkataan yang membuat saya merasa menjadi seorang pengeluh berat sebulan belakangan ini. Mungkin saya harus tidak bersahabat dengan waktu tetapi menjadi musuhnya adalah kesalahan besar. Pastinya ini saatnya bangkit dan tetap percaya bahwa studi ini akan selesai…………….

NB :

Mungkin PNS kadang – kadang membuat saya merasa tidak rela dipotong pajak per bulan untuk upah mereka tetapi toh belajar dari sang maha ajar kadang mengajarkan kita untuk terus belajar berpikir benar (Cirebon – Setelah Mid RPL)

1 comment:

Linda said...

ayo pak, perjuangan masih harus dilanjutkan karena hidup adalah perjuangan. ane yakin kok, ente pasti bisa nyelesaiin kuliah. jangan putus asa gitu donk. ayo semangat!!!!