Sunday, January 23, 2005

Sudah Pantaskah ?

Manusia punya bermacam keinginan, target, tujuan yang hendak diraih. Dan dalam perjalanan menuju hal tersebut pasti ada rintangan dan hambatan. Disadari bahwa saat kita ingin meraih sesuatu berarti kita akan mengorbankan sebagian keinginan kita yang lain. Suka atau tidak suka itulah kenyataanya, mungkin ada sebagian insan yang mampu menyeimbangkannya akan tetapi sebenarnya tetap saja timpang. Pasti sobat semua selalu ingat satu kalimat yang selalu diucapkan entah oleh pengawas, guru, atau dosen saat ujian : ”Kerjakan dahulu soal yang lebih mudah”..ingat bukan ?? Sejujurnya kalimat ini sangat bisa diaplikasikan di kehidupan sehari – hari. Target..wah kalimat ini pasti akan identik dengan sesuatu yang besar dan harus dengan sekian proses untuk mendapatkannya, maka lakukan dengan yang mudah inilah yang harus kita pelajari bukan dengan cara memperendah target tersebut tetapi dengan cara memulai dengan hal – hal yang kecil dan mudah ( Prinsip 3M – AaGym). Dan karena saya sebagai seorang muda yang labil dan mudah berubah, maka saya lebih memilih menghilangkan hal – hal yang sekiranya dapat menyulitkan jalan saya meraih target saya tersebut. Saya harus berbesar hati mengurangi hal – hal yang kurang penting, menyita waktu atau malah menambah beban pikiran. Hal – hal yang ingin diraih akan dirasa lebih mudah apabila tidak ada beban di pundak kita yang terlampau berat. Semua orang punya skala prioritas, dan karena skala prioritas yang berbeda itulah maka orang lain mempunyai penilaian yang berbeda terhadap tindakan kita. Satu hal yang pasti sobat, yang paling mengerti jalan pikiran kita tuh hanya kita sendiri tak ada satupun yang mampu memahaminya kecuali Alloh. Egois...ini adalah kata yang akan sangat sering terlontar dari orang lain saat kita memprioritaskan sesuatu, tetapi ingatlah mungkin saja mereka sangat peduli dengan kita sehingga melontarkan kata tersebut, saya atau anda sobat mungkin sudah saatnya lebih belajar ’husnuzan’. Eh, semua ini tuh cuma sesuatu yang terbesit di benak saya malam ini, dan prioritas yang berbeda adalah lumrah. Mungkin semua ini hanya sekedar kebodohan analisa insan tetapi yah karena itulah saya menganggapnya sebagai pembelajaran pemikiran saya.

2 comments:

Linda said...

semoga target & tujuannya tercapai sesuai dengan harapan ya pak.... tapi jangan sampe lupa makan, istirahat & olah raga loh biar nda gampang sakit....

ingat prinsip 3A-Aa Gym: Aku ini bermanfaat bagi orang lain, Aku ini tidak merugikan orang lain, A yg ke-3 lupa euy ;)

take care ya

Dahniar said...

gut lak ya pak...
moga moga berhasil mencapai keinginan, target serta tujuan yang hendak diraih...

moga moga gak ada halangan berat yang menghalangi.
dan meskipun suatu saat ada halangan yang berat, menghidarinya bisa saja tidak dapat menyelesaikannya, namun kita harus siap untuk menghadapi halangan tersebut.


** buat ibu Linda, prinsip 3A nya Aa' Gym itu "'aku aman bagimu' 'aku menyenangkan bagimu' dan 'aku bermanfaat bagimu'" **