Wednesday, September 08, 2010

Definisi dan Redefinisi 'Marketing'

1. Definisi Marketing (Pemasaran)

1.1 Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton

Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

1.2 Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

1.3 Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.

1.4 Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Marketing Association (AMA)

Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

1.5 Pengertian Pemasaran Menurut Nitisemito (1994:13)

Pemasaran adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif

1.6 .Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler

(Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.



1.7. Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler dan Amstrong

Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Menurut Kotler dan Armstrong (1999 : 3) berpendapat bahwa Pemasaran adalah : “Sebuah proses sosial dan manajerial yang dengan individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk-produk dan nilai satu sama lainnya”.

1.8 Pengertian Pemasaran Menurut P.Tailor

Pemasaran bukanlah tentang menghasilkan produk atau jasa itu secara esensial adalah mengubah memberikan manfaat dengan uperubahan kebutuhan dan permintaan pelanggan

1.9 Pengertian Pemasaran Menurut Banu Swastha

Menurut Basu Swastha (2003 : 5) menyatakan bahwa : “Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha / bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial”.

1.10 Pengertian Pemasaran Menurut Gitosudarmo



Menurut Gitosudarmo, I (2000 : 158) menyatakan bahwa : “Pemasaran merupakan proses tentang bagaimana pengusaha dapat mempengaruhi konsumen agar konsumen tersebut menjadi tertarik (tahu), senang, kemudian membeli dan akhirnya puas terhadap produk yang dipasarkannya.”



2. Redefinisi Marketing (Pemasaran)

2.1 Redefinisi oleh AMA (The American Marketing Association)

Definisi tentang marketing oleh AMA yang dirilis pada Januari 2008 adalah sebagai berikut :

Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large.

Pemasaran adalah kegiatan, seperangkat institusi, dan proses untuk membuat, berkomunikasi, menghantarkan dan melakukan pertukaran penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat luas.

Ada tiga hal yang berubah di definisi tersebut.

Pertama, marketing bukan lagi functions, tapi activity.

Kedua, marketing bukan hanya proses untuk creating, communicating, delivering, tetapi juga proses untuk exchanging. Perubahan ini saya duga karena dipicu oleh semakin menguatnya posisi konsumen karena Internet.

Ketiga, target market marketing bukan hanya customers, clients dan partners, tetapi juga masyarakat luas (society at large).

2.2 Redefinisi Oleh Arrbey Indonesia (Handito Hadi Joewono, Chief Strategy Colsuntant)

Pemasaran tidak sama dan tidak meliputi penjualan. Pemasaran merupakan proses pemahaman ekspektasi konsumen dan mengintepretasikannya melalui pengembangan produk dalam rangka menciptakan nilai bagi stakeholder dan mengenalkannya ke pasar.

2.3 Redefinisi Oleh CIM (Chartered Institute of Marketing)

"Marketing is the management process responsible for identifying, anticipating and satisfying customer requirements profitably"

Marketing adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memberi kepuasan persyaratan pelanggan yang menguntungkan.

2.4 Redefinisi oleh Marketing Plus 2000 (Hermawan Kertajaya)

Redefinisi pemasaran yang dimaksud Hermawan, sebagaimana dijelaskan dalam Kerangka Kerja Marketing Plus 2000 adalah menjadikan pemasaran sebagai jiwa dan tidak lagi sekadar menjadi salah satu anggota tubuh perusahaan. Karena itu, setiap orang di perusahaan adalah pemasar. Artinya, pemasaran bukan bukan hanya monopoli fungsi pemasaran, tapi menjiwai setiap orang dalam mengambil keputusan.



Selain itu, ditegaskan adanya 3 nilai utama dalam perusahaan. Pertama merek lebih penting dari produk. Karena pada hakikatnya pelanggan membeli merek, bukan produk. Kedua, apa pun bisnis yang dijalankan pemilik perusahaan harus menganggapnya sebagai bisnis jasa. Ketiga, setiap orang di dalam perusahaan harus merasa terlibat dalam proses pemuasan pelanggan, baik secara langsung atau tidak, bukan hanya sebagai pelaksana dari suatu fungsi tertentu.

Referensi :

Beberapa web (mohon ijin saya cantumkan di sini)

Buku di perpustakaan kampus.

No comments: