Sunday, September 19, 2010

SKB - ANALISA SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN

Dilakukan pada : TABUNGAN BRITAMA JUNIO

1. Pendahuluan

Produk yang dibahas dalam tugas ini adalah produk yang dikeluarkan oleh BRI (Bank Rakyat Indonesia) berupa Tabungan Britama. Tabungan yang dianalisa adalah Tabungan Britama Junio. Sebagai upaya perbankan untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan pasar bahkan menciptakan kebutuhan pasar baru, sehingga bank dituntut harus selalu jeli dalam melihat pasar dan kreatif dalam mengembangkan dan memasarkan produk dan jasanya.


Demikian pula yang saat ini dilakukan oleh BRI, dengan semangat “ melayani nasabah dengan setulus hati”, Bank BRI tidak hanya sekedar mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada (customer retention) tetapi juga upaya memperluas pasar hingga ke segmen usia muda.
2. Deskripsi Produk

BRI (Bank Rakyat Indonesia) mengembangkan produk perbankannya melalui Tabungan BRI Britama untuk segmentasi anak sekolah mulai TK hingga SMA, yang diberi nama JUNIO. Produk ini diluncurkan pada 24 Mei 2009 di Atrium Cilandak Town Square Jakarta.

Setiap pemegang rekening tabungan BRI Britama JUNIO akan mendapatkan buku tabungan dan Kartu ATM/Debit limited edition bergambar karakter kartun internasional seperti Superman, Tom&Jerry, ataupun Tweety.
3. Analisa Produk
3.1 Variabel Keyakinan Membeli

Desain Buku Tabungan dan Kartu ATM

Desain yang ditawarkan oleh BRI adalah bergambar tokoh kartun yang disukai anak – anak.

a. Tom & Jerry

b. Tweety

c. Superman

Dari desain di atas sudah jelas sekali bahwa segmentasi anak – anak yang mempunyai tokoh kegemaran kartun.

Ada beberapa survey yang mendukung terkait tokoh kartun yang dipilih sebagai desain :

- Survey oleh yahoo.com, kaskus network di indonesia tahun 2009 secara kuesioner online memberi ranking ketiga untuk tokoh kartun Tom & Jerry. [Survey 10 tokoh kartun favorit ]

- Survey oleh Stasiun Televisi Channel Boomerang terhadap sejumlah orang dewasa di Inggris pada tahun 2000. Orang-orang tersebut diminta menuliskan kartun yang paling disukai sewaktu masih anak-anak. Dan hasilnya, Tom & Jerry keluar sebagai kartun terfavorit. Film kartun ini mampu mengalahkan film kartun lain seperti Popeye, Fred Flintstone dan Bugs Bunny. Sementara Scooby Doo dengan tokoh-tokohnya Velma, Shaggy, Fred dan Daphne menduduki peringkat ke dua dari survei tersebut.

Untuk tokoh kartun Superman merupakan salah satu tokoh yang sangat dikenal di seluruh dunia dan bahkan masih menjadi tokoh yang diidolakan dari anak – anak hingga orang dewasa.

Bentuk Kartu ATM yang lebih tipis dan asimetris

Kemudahan untuk digenggam, terutama untuk anak – anak merupakan satu hal yang menjadi perhatian BRI sebagai pihak yang mengeluarkan produk Britama Junio. Ujung dari kartu ATM yang lebih asimetris atau tidak terlalu menyiku, mengurangi risiko untuk cidera bagi anak. Anak juga lebih mudah untuk melakukan akses ke mesin ATM dikarenakan kartu ATM mereka mudah digenggam.

Warna Buku Tabungan

Warna buku tabungan untuk Bri Junio diseragamkan dengan kartu ATM yang diberikan berupa tokoh kartun. Dengan latar belakang biru dan warna terang untuk tokoh kartun merupakan daya tarik tersendiri untuk menjadi pilihan konsumen.

Kemasan Buku Tabungan

Kemasan menggunakan plastik covering yang lebih melindungi buku dan bersifat tahan lama, buku tabungan tidak mudah rusak dan tahan air.

Fitur / Fasilitas Tabungan

Program ini dapat dikategorikan sebagai tabungan murah dengan diberikan berbagai ketentuan dan fasiltas secara GRATIS seperti biaya administrasi bulanan , fasilitas asuransi personal accident dengan minimal saldo Rp. 500 ribu. Selain fasilitas tersebut, penabung Junio juga akan mendapatkan fasilitas untuk menggunakan electronic channel BRI seperti :


- Ribuan jaringan ATM BRI dan ATM lain yang tersebar secara nasional (ATM Bersama, ATM Link, dan ATM Prima),


- SMS Banking BRI, Kiosk Banking BRI serta fasilitas EDC dan Mini ATM BRI


- Phone Banking BRI dengan nomor 14017,


Penabung Tabungan BRI BritAma juga secara otomatis dapat diikutkan pada setiap program Undian Berhadiah Tabungan BRI BritAma dan e Banking BRI sesuai syarat dan ketetntuan yang berlaku.


Selain itu Tabungan BRI BritAma Junio dapat dimanfaatkan sebagai tabungan perencanaan (jangka panjang) dengan cara orang tua menempatkan sejumlah dana tertentu (kelipatan Rp. 25 juta) untuk kebutuhan jangka panjang (> 6 bulan). Dengan mengikuti program tabungan perencanaan ini akan langsung mendapatkan hadiah menarik berupa Cash Bonus Junio, yaitu uang tunai yang langsung diterima didepan. Orang tua juga dapat memanfaatkan fasilitas Automatic Funds Transfer (AFT) jika ingin menambah saldonya setiap bulan. Fasilitas AFT ini memudahkan orang tua untuk mengalokasi dananya kepada anak setiap bulannya.

Promo

Nasabah BRI Junio akan mendapatkan promo, sebagian besar terutama wahana bermain, entertainment centers, lembaga pendidikan, kursus musik dan lembaga pengembangan bakat. Promo berupa potongan atau discount hingga ketersediaan layanan secara gratis.

3.2 Variabel Evaluasi

Evaluasi terhadap para nasabah Britama Junio dalam tulisan ini dilakukan di BRI Cabang Bogor Padjajaran, termasuk di dalamnya Kantor Unit dan Kantor Cabang Pembantu.

Evaluasi yang dilakukan kepada nasabah terhadap produk Britama Junio, bahwa mereka memilih produk tabungan berdasar pada beberapa variabel seperti :

Desain, Bentuk, Warna, Kemasan Buku Tabungan dan Kartu ATM

Terkait hal ini bahkan beberapa nasabah rela untuk menunggu adanya persediaan untuk tabunganBritama Junio dengan Desain, Bentuk, Warna, Kemasan tertentu. Contohnya yang bergambarkan kartun Superman, dari pihak logistik mencatat bahwa untuk produk ini yang banyak diminati oleh nasabah.

Fitur/Fasilitas

Kemudahan untuk mendapatkan akses seperti nasabah BRI biasa juga merupakan satu pilihan lain. Orang tua yang terbiasa mendapatkan dan menggunakan layanan BRI akan lebih mudah melakukan pembelajaran bagi anak – anak mereka.

Promo

Tersedianya promo sepanjang tahun untuk masuk ke wahana bermain serta entertainment centers (timezone, dufan/ancol, jungle) tertentu juga menjadi pilihan bagi nasabah memilih produk ini. Potongan hingga 30% untuk mengikuti lembaga belajar yang cabangnya tersebar hingga lingkungan perumahan memudahkan nasabah yang ingin mengikutsertakan anaknya dalam bimbingan belajar tambahan.

3.3 Variabel Keyakinan Normatif

Keluarga

Hingga akhir 2009 jumlah nasabah BRI mencapai 40 juta rekening. Ini berarti target segmen pasar terutama untuk keluarga masih terbuka lebar. Dengan perkiraan minimal satu keluarga dengan 2 anak maka, dipastikan tambahan satu rekening sudah pasti didapat melalui pengaruh keluarga. Loyalitas nasabah BRI terutama untuk PNS, karyawan BUMN dan utamanya pensiunan bisa menjadi bukti bahwa salah satu faktor pendukung anak atau cucu mereka menjadi nasabah tabungan Britama Junio.

Sales/Marketing

Program untuk mendapat nasabah melalui program di Mal merupakan daya tarik tersendiri untuk menggaet calon nasabah. Dengan jadwal tetap selama akhir pekan dan libur hari besar, program ini mampu menarik nasabah yang tertarik dengan stand dan juga bonus hadiah langsung saat membuka tabungan. Ditambah kemudahan untuk membuka tabungan dengan Rp. 250.000, program jemput bola ini dinilai efektif.

Program lain yang dijalankan adalah kerjasama dengan yayasan yang memiliki cabang tingkat pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi. Adanya program yang dilakukan baik seminar maupun stand permainan mampu menarik minat orang tua murid mengikutsertakan anaknya menjadi nasabah.

Teman/Sesama Siswa atau Murid Sekolah

Mouth to mouth marketing merupakan salah satu pola penjualan dengan minim biaya. Disadari atau tidak anak – anak sekolah atau yang tergabung dalam komunitas menjadi tenaga penjual dan marketing secara tidak langsung. Sifat keingintahuan anak – anak ini memungkinkan mereka mencari informasi lebih banyak terkait produk tabungan Britama Junio dan menjadi nasabah.

3.4 Variabel Motivasi

Beberapa motivasi utama dari para nasabah untuk mengambil produk Britama Junio adalah :

Keluarga

Banyaknya payroll gaji baik PNS, Karyawan BUMN dan TNI/Polri melalui BRI menjadi faktor utama hal ini. Banyak orangtua yang sering melakukan transaksi di BRI mengikutsertakan anak mereka menjadi nasabah tabungan Junio.

Sales/Marketing

Jumlah nasabah yang didapat dari program yang dilakukan divisi sales/marketing sangat signifikan. Untuk hari libur besar dan terutama hari libur sekolah, untuk kota besar seperti Jakarta dan Bogor minimal satu lokasi program (stand, booth, atau seminar) bisa memperoleh nasabah hingga 150 nasabah potensial.

Beberapa yayasan pendidikan juga melakukan kerjasama dengan cara memberi kemudahan bagi siswa mereka untuk menjadi nasabah melalui pemotongan uang sarana pendidikan menjadi biaya daftar tabungan, ini dikarenakan adanya kerjasama pinjaman yang diberikan BRI kepada yayasan pendidikan tersebut untuk pengembangan usaha sarana dan prasarana pendidikan.

4. Penutup

Sebulan setelah peluncuran awal tabungan Britama Junio 23 Juni 2009, tercatat telah ada 6.541 kartu ATM BritAma Junio yang dikeluarkan. Jumlah saldo yang tercatat pada rekening tabungan BritAma Junio secara total pada akhir hari 23 Juni 2009 adalah sebesar Rp 10,2 miliar. BRI menargetkan Britama Junio bisa mengumpulkan DPK hingga Rp 500 miliar atau 200.000 rekening yang rata-rata isinya Rp 2,5 juta dalam jangka waktu satu setengah tahun ke depan.

No comments: